• 2020-04-02
  • Admin

Untuk kamu yang memiliki website pasti sudah familiar banget kan sama yang namanya traffic? Yap traffic ini merupakan jumlah data yang dikirim serta diterima oleh pengunjung ke website. Saat ada pengunjung yang mengunjungi website maka semua link maupun klik yang dilakukan pengunjung akan terekam dalam domain kamu. Traffic ini penting untuk mengetahui bagaimana lalu lintas yang terjadi di website kamu. Apakah website mu ramai atau sepi-sepi saja, atau justru website mu terlalu ramai sampai membludak. Sehingga kamu perlu mengecek bagaimana traffic di website mu dan menganalisisnya.

Nah, dimana sih kalau mau ngecek traffic website sendiri? Mungkin itu pertanyaan yang langsung muncul di kepala mu. Eits tenang aja Exabytes Friends! Buat kamu yang masih bingung harus mengecek traffic dimana, artikel ini akan mengupas habis tentang 7 tools praktis yang bisa kamu gunakan untuk mengecek traffic di website mu.

Jadi, baca artikel ini sampai akhir dan jangan sampai ada yang terlewat!

Alexa

Ini Dia Beberapa Tools Praktis untuk Cek Traffic Website yang Super Mudah!

Kamu mungkin sebelumnya sudah pernah mendengar tentang Alexa sebagai salah satu tools praktis untuk mengecek traffic di website. Alexa ini merupakan tools untuk web analytics yang dimiliki oleh Amazon. Alexa juga menjadi metrik terbaik yang dikenal oleh banyak pemilik website untuk mengetahui bagaimana traffic yang ada di website. Tools ini bisa dengan mudah menganalisis peringkat website untuk waktu yang lama. Tools Alexa dapat dengan mudah membantu kamu untuk melihat traffic di website mu sendiri. Tak hanya itu, dengan menggunakan Alexa pun kamu juga bisa mengecek link, kata kunci, serta traffic dari website kompetitor. Hal ini bisa menjadi sumber yang bagus untuk kamu jika kompetitor mu berada di level yang tinggi nih Exabytes Friends.

Nah, Alexa juga menjadi tools untuk cek traffic website yang sangat populer dan sering sekali dijadikan rujukan yang akurat untuk mengetahui jumlah traffic pada website. Sistem yang digunakan Alexa untuk memberikan informasi terkait traffic website yang dicek yaitu dengan menampilkan jumlah traffic berdasarkan Alexa Rank. Sistem peringkat ini ditentukan berdasarkan jumlah traffic dan jumlah pageview yang sudah diterima oleh suatu website dalam kurun waktu tiga bulan. Selain kamu mendapatkan informasi berupa Alexa Rank, kamu juga akan mendapatkan informasi seputar persebaran traffic berdasarkan negara, mendapatkan kumpulan metrik engagement seperti informasi tentang durasi pageview serta bounce rate berupa estimasi.

Cara penggunaan tools Alexa ini juga sangat mudah dan sederhana, Kamu hanya perlu memasukkan nama domain dari website yang ingin dianalisis ke tools website traffi statistics, lalu tools Alexa akan memberikan berbagai informasi seperti metrik keyword dan traffic. Kamu juga bisa mendapat informasi mendetail tentang data traffic dengan mengklik traffic metrics yang ada. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui bagaimana traffic yang ada pada sebuah website khususnya website kompetitor mu. Untuk lebih mudahnya, sebelum kamu melakukan pengecekan, buatlah daftar kompetitor mana saja yang ingin kamu cek traffic di website nya. Sehingga setelah ada hasilnya, kamu bisa membandingkannya dengan mudah. Untuk menggunakan tools Alexa, kamu bisa menginstall extension Alexa di Chrome. Jika kamu menggunakan Firefox, maka kamu bisa mendapatkan Alexa Add-On dan jika kamu menggunakan Internet Explorer maka kamu bisa mendownload Alexa Toolbar untuk menggunakan tools tersebut.

Ahrefs

Ini Dia Beberapa Tools Praktis untuk Cek Traffic Website yang Super Mudah!

Selain tools Alexa untuk mengecek traffic dari sebuah website, Ahrefs juga menjadi salah satu tools dengan fungsi yang sama yang memiliki kepopuleran tinggi. Selain itu, Ahrefs juga merupakan tools SEO yang paling lengkap fiturnya. Ahrefs akan memberikan informasi penting untuk kamu seperti top pages, IP, serta link eksternal dari kompetitor mu. Namun, jika kamu ingin menggunakan semua fitur yang ada pada tools Ahrefs, kamu harus berlangganan terlebih dahulu dan rutin membayarnya. Dengan begitu, kamu dapat menggunakan Ahrefs sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu secara lebih mudah.

Setelah kamu bisa mengakses Ahrefs sepenuhnya dengan segala fitur yang ada, kamu dapat menggunakan Ahrefs degan mencari IP address dan link terkait website yang ingin kamu cek traffic nya. Untuk selalu memantau jumlah traffic dari sebuah website, kamu bisa menggunakan fitur site explorer di Ahrefs dengan cara masuk ke dashboard site explorer dan mengetikkan nama domain yang ingin kamu ketahui jumlah traffic nya. Kemudian klik search dan kamu juga bisa mengatur rentang waktu yang akan dianalisis traffic nya. Nah, Ahrefs juga menyediakan fitur untuk kamu melihat traffic dari suatu negara tertentu misalnya Indonesia. Kamu dapat mengklik tombol bertuliskan Indonesia  dan kamu akan menemukan urutan dengan kategori 5 halaman yang memiliki traffic paling banyak di website tersebut.

sama halnya dengan Alexa, Ahrefs juga menyediakan extension browser yang bisa kamu gunakan untuk mengecek traffic yaitu Ahrefs SEO Toolbar. Untuk menggunakan tools tersebut, kamu perlu berlangganan paket Ahrefs dan bisa mengakses fitur tersebut dengan mudah. Pertama, kamu bisa download Ahrefs SEO Toolbar dan memasangnya di browser yang kamu miliki yaitu Google Chrome atau Mozilla Firefox. Setelah kamu masuk, maka extension akan aktif dan kamu bisa melihat banyak toolbar setiap masuk ke halaman website. Kamu hanya perlu memperhatikan pada metrik Search Traffic saja ya. Karena metrik ini akan memberikan informasi seputar estimasi jumlah traffic yang diterima oleh halaman website tersebut di setiap bulan.

Google Analytics

Ini Dia Beberapa Tools Praktis untuk Cek Traffic Website yang Super Mudah!

Google Analytics bisa jadi salah satu pilihan kamu untuk mengecek traffic di website. Google Analytics ini menjadi tools yang sangat penting bagi para pemilik website. Dengan Google Analytics ini, akan memungkinkan kamu untuk bisa memahami karakteristik traffic website dengan sedetail mungkin. Yang lebih menguntungkan lagi, kamu juga bisa menggunakan tools tersebut secara gratis. Namun, Google Analytics ini memiliki perbedaan dengan beberapa tools yang sudah dijelaskan sebelumnya. Berbeda dengan Alexa dan Ahrefs, Google Analytics ini hanya dapat digunakan untuk menganalisis traffic yang ada di website kamu saja, dan tidak bisa digunakan untuk melihat traffic di website lain misalnya website kompetitor mu. Untuk menggunakan tools Google Analytics in

Google Analytics bisa jadi salah satu pilihan kamu untuk mengecek traffic di website. Google Analytics ini menjadi tools yang sangat penting bagi para pemilik website. Dengan Google Analytics ini, akan memungkinkan kamu untuk bisa memahami karakteristik traffic website dengan sedetail mungkin. Yang lebih menguntungkan lagi, kamu juga bisa menggunakan tools tersebut secara gratis. Namun, Google Analytics ini memiliki perbedaan dengan beberapa tools yang sudah dijelaskan sebelumnya. Berbeda dengan Alexa dan Ahrefs, Google Analytics ini hanya dapat digunakan untuk menganalisis traffic yang ada di website kamu saja, dan tidak bisa digunakan untuk melihat traffic di website lain misalnya website kompetitor mu.


Untuk menggunakan tools Google Analytics ini, kamu harus membuat akun Google Analytics terlebih dahulu dan menghubungkannya ke website mu. Dengan begitu, kamu bisa mulai untuk menganalisis traffic yang ada di website. Untuk melakukan pengecekan traffic di website, kamu bisa masuk ke dashboard Google Analytics dan akan melihat grafik yang berisi empat metrik utama seperti jumlah pengunjung yang datang ke website (users) , jumlah kunjungan ke website kamu (sessions), persentase pengunjung yang keluar dari website mu tanpa membuka halaman di dalamnya (bounce rate), serta jumlah durasi kunjungan ke website yang kamu miliki (session duration). Nah, dari keempat metrik itu kamu juga bisa mengatur rentang waktu untuk grafiknya. Namun rentang waktu maksimal yang bisa kamu atur terbatas hanya sampai 90 hari terakhir saja.

Nah, Google Analytics ini juga bisa sangat membantu kamu karena terdpaat kolom active users yang memungkinkan kamu melihat jumlah traffic yang masuk ke website secara langsung (real time), sehingga hasilnya juga akan akurat. Google Analytics ini juga menyediakan banyak fitur yang lengkap. Selain yang udah dijelaskan tadi, kamu juga bisa tahu banyak informasi seperti jumlah pengunjung baru di website kamu, rata-rata jumlah halaman website yang dikunjungi oleh para pengunjung website kamu, rata-rata jumlah pengunjung, demografi asal pengunjung, system yang digunakan pengunjung seperti providernya atau browsernya, serta OS atau service provider dari perangkat pengunjung. Kalau kamu mau tahu lebih detail lagi tentang pengunjung website mu, kamu bisa mengakses menu audience yang berisi informasi tentang indikator lain seperti umur, gender, dan minat pengunjung terhadap website mu. Benar-benar lengkap kan fitur yang ditawarkan oleh Google Analytics? 

Itu dia beberapa tools praktis yang sering dipakai banyak digital marketing bisa kamu gunakan untuk mengecek traffic di website kamu. Ternyata ketujuh tools tersebut gak hanya bisa digunakan untuk cek traffic aja tetapi juga menyediakan fitur lain seperti memberikan data website mana saja yang menempati peringkat teratas di internet, kemudian menyediakan rekomendasi keyword yang bisa kamu gunakan di website. Beberapa tools juga menyediakan akses gratis yang juga bermanfaat karena tetap memungkinkan pengguna untuk mengakses semua fitur yang ada.

Semoga artikel kali ini bermanfaat buat kamu ya dan bisa dicoba juga loh untuk mengecek bagaimana traffic yang terjadi di website kamu!

Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya!

Sebarkan Ini

CHAT VIA WHATSAPP